Pertama Kali, Maulid Nabi Bergema di UGM

Yogyakarta,
Untuk pertama kalinya, peringatan Maulid Nabi Muhammad 1430 H diselenggarakan di lingkungan Universitas Gadjah Mada, Ahad malam (12/4). Acara yang dihelat Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta itu bertempat di pelataran masjid kampus UGM.Kontributor NU Online Ahmad Musthofa Haroen melaporkan lebih dari seribu jamaah yang hadir khusyuk mengikuti lantunan bacaan Simthud Dlurar yang dipimpin Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo.

Dalam sambutannya, Ketua KMNU UGM M Zaki Almuntadzar menandaskan, KMNU UGM merasa perlu untuk menjalin tali silaturahim antar warga NU baik dengan yang di dalam atau luar kampus.

“Semoga acara ini tidak sebatas simbol semata, tapi bisa memicu keistiqamahan kami untuk memperjuangkan ahlussunnah wal jamaah dan pengabdian pada masyarakat.”

Senada dengan Zaky, Prof Dr Maksum, Ketua PWNU Yogyakarta (Pjs.) mewakili Pembina KMNU, memastikan peringatan maulid ini sebagai muqaddimah. “ Insya Allah akan ada terusannya. Ini murni mahasiswa yang punya inisiatif,” katanya.

Prof Maksum menambahkan, banyak akademisi UGM yang sebenarnya warga NU (nahdliyin) sembari menyebut beberapa nama ilmuwan UGM yang populer di mata publik UGM.

Menanggapi terselenggaranya acara tersebut, Fauzi, Santri Pesantren Al Munawwir Krapyak menyatakan kegembiraannya. “Saya senang sekali akhirnya ada acara seperti ini di UGM. Saya pasti datang kalau mau dibikin rutin bulanan,” ujarnya.

Jama’ah yang hadir malam itu cukup beragam. Sejumlah elemen mahasiswa yang hadir antara lain Jama’ah Shalahuddin, KAMMI, PMII, IMM, dan GMNI. Tak hanya mahasiswa, santri-santri dari berbagai pesantren di Yogyakarta dan masyarakat umum juga turut serta.

Sementara itu sejumlah pengurus PWNU Yogyakarta, ulama, dan tokoh sesepuh juga hadri dalam acara tersebut. Di antaranya, KH Azhari Abta, KH Abdul Muhaimin, KH Aly As’ad, dan KH Zuhdi Muhdlor. (nam)

sumber: nu.or.id

6 thoughts on “Pertama Kali, Maulid Nabi Bergema di UGM

  1. oirwan Oktober 21, 2009 / 7:57 am

    Allahumma Sholli Alla Muhammmad Waalaali Muhammad……Ayo makmurkan agama Allah.

  2. NA_SR Mei 23, 2009 / 3:49 pm

    moga kita semua terhindar dari fitnah wahabiyah…
    salam dari malaysia

  3. wong ngawi April 17, 2009 / 3:41 pm

    assalamu’alakum pingin punya blog hub 0351 7007211 trima kasih

  4. Azzain April 15, 2009 / 1:07 pm

    Shallallahu ‘Ala Muhammad…insya Allah akan semakin dekat kemakmuran untuk Indonesia

  5. martracho April 15, 2009 / 5:11 am

    Innalillahhi wainnallilahhi rojiun…
    Jadi selama ini di UGM tidak pernah ada kegiatan keagamaan…Subhannallah.. di lembaga pendidikan tidak selama ini tidak ada kegiatan seperti itu, masaka Maulid Nabi aja baru dilaksanakan pada tahun 1430 H..

    Tapi puji syukur walau terlambat itu sudah terlaksana, lebih baik terlambat dari pada tidak ada sama sekali..

  6. Ahmad April 15, 2009 / 3:25 am

    Subhanallah,laa haula wala quwwata ila billah.
    Satu bukti keridhaan Allah swt dengan acara Maulidurrasul saw yang menembus hingga pada elemen masyarakat dan lingkungan pendidikan..Alhamdulillah.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s