Ini Dia Adenium Seharga 500 juta

Adenium atau Kamboja Jepang (nama kamboja jepang sendiri sebenarnya menyesatkan, karena dapat diidentikkan dengan kamboja, yang banyak ditemui di areal pemakaman. Sedangkan embel-embel kata jepang seakan-akan bunga ini berasal dari Jepang, padahal Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika) berasal dari daerah gurun pasir yang kering, dari daratan asia barat sampai afrika. Sebutannya disana adalah Mawar Padang Pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini lebih menyukai kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium, karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden (Ibukota Yaman).Masyarakat Indonesia menamakan adenium sebagai kamboja jepang, mungkin dikaitkan dengan stereotype yang beredar. Contohnya buah-buahan yang besar biasa disebut sebagai Bangkok, sedangkan tanaman yang kecil-kecil biasa disebut Jepang, sehingga jika dahulu kala sudah ada Kamboja yang sosok tanamannya tinggi besar, maka begitu ada tanaman yang sosoknya kecil tapi mirip kamboja, disebutlah sebagai kamboja jepang.

Kerajaan: Tumbuhan
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Adenium
Spesies: A. obesum

Boom bunga hias sebenarnya sudah agak lama surut. Harga sejumlah tanaman hias yang dulu mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah kini sudah jarang terdengar.

Kisah sukses Gelombang Cinta, Adenium, Anturium, dan Jemani juga sudah jarang menjadi pembicaraan. Dengan uang tak sampai Rp 50.000, misalnya, kini Anda sudah bisa mendapatkan Gelombang Cinta cukup besar dengan daun-daunnya yang sudah lebar. Padahal, dulu dengan Rp 75.000 Anda baru mendapat tunas yang daunnya masih kecil.

Meski begitu, masih banyak pencinta tanaman hias yang tekun memelihara tanaman-tanaman kesayangannya yang pernah populer. Di arena Surabaya National Flora Expo 2009 yang digelar hingga hari Minggu (18/10) di Green and Grow Jalan Prapen, misalnya, ada sebuah adenium Queen yang pernah sangat populer dan harganya sangat mahal.

Adenium Queen of 1.000 Flowers itu adalah pemenang Grandprix Adenium III, dan pernah ditawar dengan harga Rp 500 juta. /kompas

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s