Trik Mengajarkan Puasa kepada Anak-anak di AS

“Kalau anak-anak saya sudah tidak bisa dirayu dengan imbalan apa pun, saya mengalihkan perhatian mereka dengan memberikan kegiatan mengasyikkan.”

Pensyari’atan ibadah puasa kepada umat Islam tentu bagi yang telah baligh. Namun, melakukan ibadah khusus yang satu ini tidaklah mudah. Itulah mengapa, Islam memerintahkan mengajarkan dan melatih berpuasa sejak anak-anak. Bila tak sanggup berpuasa full hingga satu hari mulai imsak hingga maghrib, berpuasa setengah hari. Dan setelah berbuka, hendaklah melanjutkan kembali hingga maghrib.

Tapi, mengajak anak berpuasa tidak selalu mudah. Apalagi bagi keluarga yang tinggal di negara-negara yang mayoritas penduduknya non-muslim, yang notabene pada bulan Ramadhan tidak berpuasa, seperti Amerika Serikat. Jangankan berpuasa satu hari penuh, setengah hari saja, anak-anak masih merasa keberatan. Lantas bagaimana mengajarkan berpuasa yang ampuh?

Imam Masjid Al-Hikmah, New York, Shamsi Ali, dalam ceramahnya Ahad lalu (22/8), berpesan kepada orangtua agar lebih bersabar dalam mengajak anak berpuasa. Ayah lima anak yang masih kecil-kecil ini mengingatkan, perlu waktu untuk meyakinkan anak-anak mengenal makna puasa. Selain itu juga perlu cara unik untuk mengajak berpuasa. Misalnya, dengan memberikan hadiah, apa pun bentuknya, tapi tentunya yang menarik minat anak.

Namun, memberikan imbalan saja tidaklah cukup. Lantaran karakter dan kepribadian anak-anak berbeda. Bagi anak-anak yang tidak mempan dirayu dengan cara itu, berikut saran Siti Mardiana, ibu tiga anak:

“Kalau anak-anak saya sudah tidak bisa dirayu dengan imbalan apa pun, saya mengalihkan perhatian mereka dengan memberikan kegiatan mengasyikkan. Mulai yang sederhana, seperti nonton TV tayangan menarik seputar keislaman, membaca cerita atau novel Islami, memberikan dongeng sejarah Islam, hingga menyibukkan anak-anak dengan mengerjakan kerajinan.

Lain lagi kalau sang anak sudah merasa begitu lemas menahan lapar, saya menyuruh mereka tidur.

Alhamdulillah sejauh ini menolong,” demikian menurut ibu yang tinggal di Jonesboro, negara bagian Arkansas, seperti dilansir voanews.

Tidak ada salahnya mencoba cara ini, bukan? Insya Allah, seiring berjalannya waktu dan kesabaran orangtua membimbing, anak-anak jadi terbiasa puasa.

http://majalah-alkisah.com/

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s