PBNU: Sikap Pemerintah Belum Tegas

Ini soal kedaulatan dan martabat bangsa. Harus berani mengatakan Malaysia salah dan mesti minta maaf kepada Indonesia.( Ketua PBNU)


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai sikap pemerintah terkait pelanggaran terhadap kedaulatan Indonesia oleh Malaysia belum jelas dan belum tegas. “Sikap pemerintah belum jelas dan belum tegas,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di sela-sela peringatan Nuzulul Quran di sekretariat Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor di Jakarta, Rabu (1/9/2010).

Semestinya, kata Said, jika yakin Malaysia telah melakukan pelanggaran, maka pemerintah harus tegas menyatakan hal itu kepada pemerintah negara jiran tersebut. “Ini soal kedaulatan dan martabat bangsa. Harus berani mengatakan Malaysia salah dan mesti minta maaf kepada Indonesia,” katanya.

Hal senada dikemukakan Ketua Umum GP Ansor Saifullah Yusuf yang menyebutkan bahwa sikap tegas bukan berarti harus diartikan perang. “Kita sama-sama negara yang punya harga diri dan martabat. Tentunya tidak boleh saling mengusik,” katanya.

Soal keberatan Malaysia terhadap aksi unjuk rasa di Tanah Air yang dinilai berlebihan, menurut Saifullah, harus dipahami bahwa unjuk rasa tersebut merupakan reaksi dari pernyataan Pemerintah Malaysia. “Meski kita tidak membenarkan aksi yang berlebihan, tetapi Indonesia adalah negara yang demokratis, yang tidak mungkin melarang warganya berdemonstrasi,” katanya.

kompas.com

One thought on “PBNU: Sikap Pemerintah Belum Tegas

  1. bolehngeblog September 2, 2010 / 3:03 am

    pastinya, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan presiden sby dalam pidatonya…salah satunya adalah keadaan TKI di Malaysia yang jumlahnya mencapai 2 jutaan dan itu belum termasuk TKI yang ilegal..SBY mungkin takut malaysia “mengganggu” para TKI (terlebih lagi TKI Ilegal), sehingga mencoba untuk berhati-hati thd Malaysia

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s