Kini Masjidil Haram Sepi

Penurunan ini terjadi sampai musim haji awal Oktober. Warga Makkah memanfaatkan momen itu untuk bertawaf.

Suasana ramai di Masjidil Haram selama Ramadhan tidak terlihat ketika memasuki bulan Syawwal. Jama’ah umrah yang biasanya meramaikan masjid secara perlahan berkurang. Kecenderungan itu sangat beralasan mengingat umat Islam lebih memilih berangkat umrah ketika bulan suci Ramadhan tiba.

Seperti dikuti dari Arabnews, Kamis (16/9), banyaknya jama’ah yang meninggalkan kota suci, situasi lalu lintas tampak terlihat normal. Warga Makkah kini bisa mencapai Masjidil Haram dengan waktu sekitar 10 menit. Padahal selama Ramadhan, jama’ah yang hendak beribadah di Masjidil Haram membutuhkan waktu berjam-jam. Hal itu disebabkan kemacetan yang luar biasa.

Jalanan yang lengang ternyata berpengaruh terhadap tarif taksi dan angkutan umum. Tarif taksi yang biasanya melangit kembali normal. Di musim umrah atau haji, warga Makkah yang hendak ke Masjidil Haram harus merogoh kocek hingga ratusan Riyal. Padahal di hari biasa, warga Makkah hanya mengeluarkan kocek 10 hingga 25 riyal.

Tarif angkutan umum juga kembali normal. Warga Makkah yang hendak menuju Masjidil Haram menggunakan angkutan umum hanya perlu merogoh kocek 2 riyal. Kepergian jama’ah umrah juga menurunkan tingkat hunian hotel dan pengunjung pusat perbelanjaan. Hunian hotel merosot hingga 20%.

Para pemilik toko memperkirakan penurunan ini terjadi sampai musim haji nanti yang diperkirakan mulai awal Oktober. Sementara itu, lengangnya Masjidil Haram membuat warga Mekkah memanfaatkan momen itu untuk bertawaf.

http://majalah-alkisah.com

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s