Muslim TV di Jerman

Media alternatif di Jerman bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi mengenai Islam secara obyektif.

Televisi internet yang dikelola sekelompok muslim di Jerman, Muslim TV, tampil sebagai satu alternatif umat Islam Jerman. Sang penggagas, seorang guru di kota Koln, Nuri Senay, mengungkapkan, siaran Muslim TV menampilkan warga muslim sebagai warga yang telah lama berpartisipasi dalam masyarakat. “Hal itu selama ini tidak diperhatikan,” ujarnya seperti dilansir Deutsche Welle.

Sebelumnya, pada tahun 2006, Nury Senay telah lebih dulu mendirikan Islampodcast. Ini didasari pada kenyataan dan perkembangan penilaian terhadap Islam setelah terjadi serangan teror tanggal 11 September 2001.

Sekarang, dengan televisi internet, ia berusaha menampilkan warga muslim di Jerman secara visual. Untuk mendukung proyeknya itu, Nury Senay membina dan mengembangkan jaringan reporter di berbagai kota di Jerman.

Acara yang ditampilkan lewat Muslim TV ini beraneka ragam. Dari workshop seni, budaya, sosial, sampai kepada ajaran Islam. Dalam siarannya juga ditampilkan dai kondang dari Mesir, Amir Khaled.

Dalam beberapa waktu kedepan Muslim TV akan memperluas program acara yang akan ditayangkan, antara lain dengan menambah rubrik, terutama berkaitan dengan masalah aktual yang dihadapi umat Islam yang tinggal di Jerman dan di Eropa pada umummya. Selain itu, upaya yang juga cukup mendesak yang akan dilakukan Muslim TV adalah meningkatkan mutu siaran dan teknik penyiarannya.

Secara umum siarannya berusaha menampilkan perspektif kebersamaan, yakni Islam di tengah keanekaragaman. Tapi juga tidak mentabukan tema atau masalah yang rawan, misalnya interpretasi bahwa Islam itu identik dengan kekerasan dan sebagainya. Selain itu, Muslim TV juga membahas tema yang di waktu belakangan mendapat sorotan dari kalangan non-muslim di Jerman. Misalnya mengenai pembunuhan demi kehormatan keluarga dan pernikahan paksa, yang dilakukan oleh segelintir umat Islam suku bangsa tertentu, padahal kasus ini dinilai lebih berkaitan dengan tradisi, bukan ajaran Islam.

Dengan aneka ragam acara itu, Muslim TV berusaha menampilkan dirinya sebagai media alternatif di Jerman bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi mengenai Islam secara obyektif. Semoga. Amin….

http://majalah-alkisah.com/

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s