Islam Menilai,Wanita Setara dengan Pria

“Anda beharga karena Anda berbudi baik. Kecantikan Anda harus dijaga dan dilindungi dengan mengenakan hijab.”

Setiap tahun baru Hijriyyah, Asosiasi Mahasiswa Muslim (MSA), Florida, AS, menggelar talk show keislaman. Begitu juga tahun 1432 H kemarin, Selasa (15/2), di Universitas Central Florida, mereka menggelar talk show dengan tema “Wanita dalam Islam”.
“Acara ini memang sudah menjadi tradisi MSA. Tahun ini kami kembali menyelenggarakannya, untuk mengimbangi pemberitaan media yang tidak obyektif. Dan tema yang menarik untuk kami angkat yaitu berkaitan dengan wanita dalam Islam, mengingat wanita muslim kerap disalahartikan oleh non-muslim sebagai makhluk tertindas.” Demikian kata Wakil Presiden MSA, Shazeen Ahmad, seperti dilansirCentral Florida Future.

Ada dua misi utama MSA: mencoba memberikan layanan terhadap muslim di kampus khususnya, umumnya dunia luar, dan juga menjangkau kawan-kawan non-muslim untuk membantu mereka memahami Islam dan menjernihkan pemahaman yang ada.

Pada acara itu, panitia menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten, tokoh wanita Islam terkemuka setempat, Najia Kurdi. Ia membagi pengalamannya seputar konflik antar-umat beragama, juga sikap salah paham yang ia terima di masyarakat.

Menghormati Hak Wanita

Media kerap menyuarakan bahwa wanita muslim ditindas, misalnya dengan peraturan berjilbab. Namun sesungguhnya, kewajiban ini sangat menghormati wanita. Tidak sedikit wanita muslim yang berjuang untuk mengenakan jilbab di negara Eropa.

Menurut penuturan Najia, orangtuanya telah mengajarkannya untuk menghargai serta menjaga kehormatan diri sendiri, dan juga menghormati orang lain sekaligus keyakinannya. Dan seharusnya mereka pun demikian.

Propaganda dan pandangan negatif terhadap Islam kembali mencuat pasca-Tragedi 11 September, walaupun sebetulnya ada hikmah tersendiri. Yakni, banyaknya orang yang ingin tahu tentang Islam dan akhirnya alhamdulillah mendapatkan hidayah, masuk Islam.

Rencana pembagunan masjid di Ground Zero, New York, lokasi pemboman itu, juga menimbulkan reaksi terhadap Islam. Dan saat ini merupakan kesempatan yang tepat untuk menjembataninya. “Kita harus melakukan sesuatu untuk membuat orang memahami dan menghargai pilihan kita, karena kita semua hidup di bumi dan dunia yang sama,” kata Najia.

Kemudian, Najia juga menyampaikan esensi ajaran Islam yang sangat universal, yaitu perlakuan Islam terhadap wanita dan pria. Islam memperlakukan wanita dan pria sederajat sebagai makhluk Allah SWT.

Pernikahan harus atas persetujuan wanita yang akan dinikahi. Juga penentuan mahar, yang hanya menjadi milik wanita itu. Wanita juga berhak untuk meminta cerai. Mereka pun berhak atas kepemilikan properti, menjadi pengusaha, menuntut ilmu, atau berkiprah dalam bidang hukum dan lain-lain. Hanya ketaqwaan yang membedakan keduanya.

Islam mengajarkan, wanita wajib dihormati karena kodrat mereka, bukan karena tampilan mereka. “Anda beharga karena Anda berbudi baik. Kecantikan Anda harus dijaga dan dilindungi dengan mengenakan hijab,” kata Najia.

One thought on “Islam Menilai,Wanita Setara dengan Pria

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s