Donor, Siapa Takut!


“Siapa bilang donor itu sakit, justru menyehatkan. Dengan mendonorkan darah, sirkulasi darah kita akan berjalan baik dan otomatis semakin sehat. Lebih dari itu, kita juga membantu saudara kita  yang membutuhkan….”

Selasa, 29 Maret 2011, pelataran Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum 1, Bantar Kemang, Bogor, tampak berbeda dari biasanya. Kali itu tidak hanya kegiatan belajar-mengajar yang berlangsung di pesantren asuhan Ustadz Iqbal Harafa, S.Ag., tersebut, tapi juga kegiatan sosial santunan dan donor darah.

Di Kampus 1 Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Bogor, donor darah merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler pesantren bidang kesehatan. Kegiatan yang dibina langsung oleh Poskestren Daarul Uluum ini melengkapi sederet kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Yaitu, seni bela diri, seni rebana dan marawis, latihan kader dai (al-muhadharah) dalam bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia, muhadatsah atau percakapan dalam bahasa Arab, pramuka, latihan diskusi ilmiah, dan lain-lain.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Peer Counseler Daarul Ulum, sebuah kelompok remaja penyuluhan kesehatan, yang diketuai Ihsan Muharrik, Poskestren Pesantren Daarul Uluum, dan Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Bogor.

  
Masyarakat Antusias
Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 di halaman pesantren itu berlangsung meriah. Antusiasme masyarakat sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari kerumunan peserta donor darah di tengah-tengah petugas yang tidak henti-hentinya mengantre menunggu giliran. Para petugas dibuat sibuk.

Semakin siang, kampus pesantren yang hanya berjarak 1 kilometer dari pintu tol Jagorawi ini tampak semakin ramai. Antrean padat di kursi tunggu pun semakin tidak terelakkan. Ini membuktikan bahwa rasa solidaritas masyarakat Indonesia, khususnya kawasan Bogor, masih sangat tinggi.

Tergalangnya jumlah pendonor yang melebihi target membuat panitia penyelenggara merasa bangga. Begitu pun sebaliknya, para peserta juga merasa senang. Dengan mendonorkan darahnya, mereka merasakan kebahagiaan berbagi. Apalagi darah merupakan sesuatu yang sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Setidaknya itulah yang dirasakan salah satu peserta donor yang juga staf pengajar di pesantren tersebut, Ustadz Nasrudin Ghazali. “Siapa bilang donor itu sakit, justru menyehatkan. Dengan mendonorkan darah, sirkulasi darah kita akan berjalan dengan baik, dan otomatis semakin sehat. Lebih dari itu, kita juga membantu saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Pendonor sendiri terdiri dari berbagai golongan masyarakat. Selain para santri sendiri yang sudah berusia 17 tahun ke atas, pendonor pun berasal dari kalangan guru, karyawan, pengurus pesantren, dan masyarakat sekitar pesantren.

Usai mereka mendonorkan darahnya, panitia memberikan asupan gizi untuk memulihkan stamina pasca-donor. Seperti susu, minuman ion penambahan cairan tubuh, dan makanan ringan.

Selain donor darah, kegiatan sosial ini juga diisi dengan acara santunan, yang diberikan kepada para anak yatim dan kaum dhuafa sekitar lingkungan pesantren.

Menurut Direktur Pesantren Ustadz Iqbal Harafa, S.Ag., acara ini merupakan wujud perhatian dan komitmen pesantren untuk membantu sesama yang membutuhkan. “Kami berharap, darah yang didonorkan oleh peserta dapat bermanfaat bagi orang lain. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain?” ujarnya

Masih menurut Ustadz Iqbal, kegiatan ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan. “Kami berharap, kegiatan ini terus berlangsung secara periodik di waktu-waktu mendatang.”

Memasuki awal tahun ajaran baru, Pondok Pesantren Daarul Uluum, yang para santrinya berasal dari berbagai pelosok Nusantara, kembali membuka pendaftaran bagi santri baru. Pendaftaran bisa dilakukan secara online ataupun mengisi formulir langsung di sekretariat pesantren. Info lebih lanjut, silakan mengakses situs resmi, http://www.santribaru.daarululuum.com.  Atau mengunjungi alamat pesantren langsung di Jalan Durian Raya No. 219/76 Bantar Kemang, Baranangsiang, Bogor Timur, telp. (0251) 8343844, contact person Ustadz Hasbullah Ghazali, S.E. HP: 081314009812.

http://majalah-alkisah.com/

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s