Biografi Ringkas Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab

Silsilah / Sanad

Setelah menelusri,mempelajari dan mencari situs situs yang memuat silsilah dari Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab,baik melalui forum dan blog dan menanyakan langsung ke kerabat dekat beliau dan hasilnya pun nihil. maka saya mengambil kesimpulan dengan berkeyakinan dan kepercayaan yang saya anut,maka benar Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab adalah benar keturunan dari Rasulullah SAW,dan beliau pun pernah mengeluarkan pernyataan tentang silsilah dan keturunan rasulullah SAW, inilah perkataannya :

“garis keturunan bukan untuk tujuan pamer. Jika itu adalah tujuan, maka harus merupakan kesombongan, dan itu adalah dosa,”

saya tahu tentang prilaku dan sifat beliau yang tidak sombong, murah senyum dan penuh kasih sayang, maka benar jika beliau tidak mengumbar silsilah / sanad nya ke khayalak ramai.

Keturunan Macan Betawi dan pejuang kemerdekaan  


Ahad 19 Agustus 2007, Front Pembela Islam (FPI) menyelenggarakan milad ke-9 di markasnya, Jati petamburan, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri sekitar lima sampai enam ribu anggotanya, termasuk wakil FPI dari 25 provinsi.

Di sepanjang Jl Jati petamburan III (sekitar 300 meter) digelar permadani untuk para jamaah. Sedang di sebagian ruas Jl Jati pemburan Raya, depan RS Pelni, hanya dapat dilewati kendaraan satu jalur karena sebagian di padati massa yang mengenakan busana putih dan peci putih.

Acara itu dimulai shalat Subuh berjamaah. Diteruskan dzikir, tahlil dan ceramah maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung hingga pukul 09.30 pagi. Diakhiri dengan pawai keliling Jakarta. Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Husein Shihab, ketika melepas pawai, meminta agar mereka tertib dan sopan.

Bersama Habib Umar BIn HafidzhMelihat begitu patuhnya para anggota FPI kepada ketua umumnya, saya teringat pada pemimpin Pandu Arab Indonesia, Habib Husein Shihab, ayah Habib Muhammad Rizieq Shihab. Pada awal 1950-an, Habib Husein Shihab telah menghimpun para pemuda Arab untuk mengabdi pada bangsa melalui bidang kepanduan. Dia lebih dikenal dengan sebutan hopman — kata Belanda untuk pemimpin kepanduan.


Seperti juga Habib Muhammad Rizieq Shihab, ayahnya itu juga sangat cekatan dalam memimpin dan memberikan pengarahan kepada para pemuda yang tergabung dalam Pandu Arab Indonesia. Saya, yang juga menjadi anggota pandu ini lebih setengah abad lalu, membandingkan penampilan sang ayah dengan putranya yang kini memimpin ratusan ribu massa FPI — menurut Habib Muhammad Rizieq Shihab anggota FPI di Indinesia sekitar lima juta orang.

Sangat jauh berbeda dengan penampilan sang ayah yang sering memakai jas dan dasi, putranya ini selalu mengenakan jubah dan sorban. ”Ayah saya memang modern dan orangnya sangat berbaur,” kata Habib Muhammad Rizieq Shihab, kelahiran Agustus 1965. Wajah Rizieq hampir sama dengan wajah almarhum ayahnya.

Sekalipun cara berpakaian dan berpikirnya modern,Habib Husein Shihab sangat dekat dengan ulama Betawi terkemuka, Habib Ali Alhabsyi dari Kwitang, Jakarta Pusat. Pada acara-acara seperti Maulid Nabi, Isra Miraj dan menerima tamu asing, Habib Ali selalu meminta Habib Husein Shihab yang fasih berbahasa Belanda menjadi MC. Acara-acara Pandu Arab yang dilakukan tiap Sabtu sore berlangsung di halaman Madrasah Unwanul Falah di Kwitang. Madrasah yang dibangun oleh Habib Ali pada 1911 ini telah melahirkan sejumlah ulama Betawi.

Habib Rizieq mengaku ketika ayahnya meninggal dunia tahun 1966, dia baru berusia 11 bulan. ”Jadi saya mengenalnya hanya dari foto,” katanya.

Sang ayah yang lahir tahun 1920-an, sebelum meninggal di Polonia, Jatinegara, berkata kepada seorang anggota keluarganya, ”Tanyakan kepada putra saya ini, kalau sudah besar mau menjadi ulama atau jagoan. Kalau mau jadi ulama, didik agamanya dengan baik. Kalau mau jadi jagoan, berikan dia golok.”

Sejak itu, Habib Muhammad Rizieq Shihab dipindahkan ke Jati petamburan dan terakhir lulus Riyadh University (kini King Saud University) Arab Saudi. Kini dia tengah menyelesaikan tesis pada University Malaya, Kuala Lumpur, untuk lulus S2 bidang Syariat.

Menurut sejumlah teman almarhum Habib Husein Shihab yang kini rata-rata berusia diatas 80 tahun, pemimpin Pandu Arab ini pernah bekerja di Rode Kruis (kini Palang Merah Indonesia) pada masa kembalinya Belanda setelah proklamasi kemerdekaan.

Habib Husein, yang ketika itu masih berusia 20 tahunan, bekerja di bagian logistik. Di sini dia punya hubungan dengan para pejuang kemerdekaan. Dia banyak memberikan makanan dan pakaian untuk para pejuang yang ketika itu bergerilya di Jakarta dan sekitarnya.

Rupanya pihak NICA (tentara Belanda) mengendus tingkah lakunya itu, karena ada kawannya sendiri yang tega mengkhianatinya dan melaporkannya pada NICA. Tanpa ampun lagi, Husein Shihab pun ditangkap. Kedua tangannya diikat dan ia diseret dengan kendaraan jip.

Di penjara dia divonis hukuman mati oleh Belanda. Tapi, berkat bantuan Allah,Habib Husein Shihab berhasil kabur dari penjara dan melompat ke Kali Malang. Dia selamat, meskipun bagian pantatnya tertembak. Dia sadar setelah sebelumnya mendapat pertolongan dari KH Nur Ali, pejuang Bekasi yang sangat ditakuti NICA.

Suatu hari, Habib Muhammad Rizieq Shihab memperlihatkan foto ayahnya dengan istri Bung Karno, Fatmawati, dalam suatu upacara pada awal kemerdekaan. Dia menyatakan bangga, ayahnya punya semangat nasionalisme yang tinggi dan ikut membakar para pemuda Arab melawan Belanda melalui Pandu Arab Indonesia.

Ayah Habib Husein Shihab, Habib Muhammad Shihab, dahulu pernah memiliki ratusan delman dan memiliki istal kuda di depan RS Pelni. Delman yang bertrayek Tanah Abang ke Kebayoran Lama ini pernah diganggu oleh preman yang mengaku anak buah si Pitung, jagoan Betawi yang dibenci Belanda.

Seperti dituturkan Habib Muhammad Rizieq, kakeknya itu langsung menemui Pitung yang merasa tidak senang namanya dicatut. Rupanya pertemuan itu malah membuat dua tokoh Betawi tersebut menjadi akrab. Akhirnya, Habib Muhammad dikawinkan dengan ponakan Pitung dari Koebon Nanas, Kebayoran Lama. Dari perkawinan ini lahirlah Habib Husein Shihab, ayah dari Habib Muhammad Rizieq Shihab.

Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab Lc

Lahir di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1965,ayah beliau Habib Husein bin muhammad Shihab dan ibu beliau Syarifah Sidah alatas,ayahnya meninggal semenjak beliau masih berumur 11 bulan,dan semenjak itulah Habib Muhammad Rizieq Shihab tidak dididik di pesantren. Namun sejak berusia empat tahun, Beliau sudah rajin mengaji di masjid-masjid. Ibunya yang sekaligus berperan sebagai bapak dan bekerja sebagai penjahit pakaian serta perias pengantin, sangat memperhatikan pendidikan Habib Muhammad Rizieq Shihab dan satu anaknya yang lain.

Setelah lulus SD, Habib Muhammad Rizieq Shihab masuk ke SMP Pejompongan, Jakarta Pusat. Ternyata jarak sekolah dengan rumahnya di Petamburan, juga di Jakarta Pusat, terlalu jauh. Beliau pun kemudian dipindahkan ke sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya, SMP Kristen Bethel Petamburan. Lulus SMA, Habib Rizieq meneruskan studinya di King Saudi University, Arab Saudi, yang diselesaikan dalam waktu empat tahun dengan predikat cum-laude. Habib Muhammad Rizieq Shihab pernah kuliah untuk mengambil S2 di Malaysia, tetapi hanya setahun.

Habib Muhammad Rizieq Shihab mendeklarasikan berdirinya Front Pembela Islam (FPI) tanggal 17 Agustus 1998. FPI mulai dikenal sejak terjadi Peristiwa Ketapang, Jakarta, 22 November 1998, sekitar 200 anggota massa FPI bentrok dengan ratusan preman. Bentrokan bernuansa suku, agama, ras, antargolongan ini mengakibatkan beberapa rumah warga dan rumah ibadah terbakar serta menewaskan sejumlah orang.dan disini lah saya baru mengenal beliau.

Biodata

Nama  :   Habib Muhammad Rizieq Syihab

Lahir   :   Jakarta, 24 Agustus 1965

Ayah   :   Habib Husein Syihab (almarhum)

Ibu      :   Syarifah Sidah Alatas

Istri     :   Fadlun Yahya

Anak  :

Rufaidah Syihab

Humaira Syihab

Zulfa Syihab

Najwa Syihab

Muntaz Syihab

Fairuz Syihab

Zahra Syihab

Pendidikan :

SDN 1 Petamburan, Jakarta (1975)

SMP 40 Pejompongan, Jakarta

SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta (1979)

SMAN 4, Gambir, Jakarta

SMA Islamic Village, Tangerang (1982)

Jurusan Studi Agama Islam (Fikih dan Ushul) King Saud University (S1), Riyadh, Arab Saudi (1990)

Studi Islam, Universitas Antar-Bangsa (S2), Malaysia.

Karir :

Kepsek Madrasah Aliyah Jamiat Kheir, Jakarta

Dewan Syariat BPRS At-Taqwa, Tangerang

Pimpinan/pembina sejumlah majelis ta’lim Jabotabek

Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI)

Alamat Rumah : Jalan Petamburan III/83, Tanahabang, Jakarta Pusat 10260

http://basaudan.wordpress.com/

23 thoughts on “Biografi Ringkas Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab

  1. fahri Februari 10, 2014 / 9:46 am

    saudara zen yang dimulia kan allah….kalau mau tau tanya kan kepada habib terdekat yg kamu tau…biasanya para habaib tau silsilah keturunan sesama habaib didunia/di indonesia

  2. dede sulaiman attasiqi September 20, 2013 / 6:25 am

    habib keturunan yg dimuliakan allah, perjuangannya karena allah dan rasulnya..cintai habib sebab itu adalah perintah agama

  3. pendatang arab bikin ancur indonesia. September 16, 2013 / 9:56 am

    ooooh….pendatang arab tho? mending habbabib pulang ke arab aja deh! urusin arab sana, jangan ganggu kami penduduk asli indonesia. jangan paksakan budaya padang pasir anda. kami penduduk asli indonesia punya budaya tropis.

    • aam Januari 17, 2014 / 8:00 pm

      ang dalang….
      kalau tidak mau di urus orang, besok mati bisa ngk mandi sendiri , gali kubur sendiri….
      begok lo di pelihara

  4. azzam al ghifari September 9, 2013 / 12:46 pm

    the islamic ahlussunnah wal jamaah voice???mana mungkin memperingati maulid,tahlilan.
    beliau(M.rizieq shihab)bukanlah termasuk ke dalam aqidah ahlussunnah.keturunan dari Nabi shalallahu alaihi wasallam tidak menjamin dia berada dalam kesesatan.
    wallahu a’lam bi shawab.
    semoga Allah azza wa jalla memberikan kita hidayah.

  5. Abu Bokar Tambak Agustus 25, 2013 / 12:16 pm

    zen…lihat perjuangannya bukan orangnya…selama yang baik keluar dari lidahnya tentu kita ngak perlu siapa orangnya,,

  6. Abu Bokar Tambak Agustus 25, 2013 / 12:14 pm

    saya salut dan mendukung perjuangan FPI di bawah kepemimpinan Habib Rizieq, kalau tdk ada pejuang islam spt beliau, tentu negara asing suka suka mengobok2 islam di indonesia dgn rasionalisasi liberal tak berdasarkan syariat islam….hidup FPI….Hidup Habib Rizieq….Allahu Akbar……

  7. Daviie Al West Maret 21, 2013 / 8:35 pm

    Al Habib Riziek Syihab sudah jelas beliau adalah Ahlul Bait,maka patut lah kita mayakini nya,agar kita tidak sesat..,

  8. Zen Juli 27, 2012 / 10:47 pm

    Asslm… Maaf sebelumnya, ane kurang menyetujui tetang beliau yang gak mau menyebutkan silsilahnya dengan alasan takut sombong, pasalnya ini bisa berakibat fatal jika qt gak tau silsilah habib itu sendiri, harusnya agan tau status HABIB gak bisa sembarangan… dan apa agan juga tau status HABIB juga bisa putus meskinpun dia keturunan langsung Rasulallah SAW ?

    Sebagai insan yang baik sebelum qt menimba ilmu haruslah mengenal baik terlebih dahulu Guru itu, jangan sampai qt menimba ilmu kulitnya aja

    • Al Faqir Doni Sambrun April 2, 2013 / 6:38 pm

      zen…kalau anda mau tau…tolong temui langsung beliaunya atau tanyakan kepada seluruh Habaib di Indonesia.

    • anandro Juli 19, 2013 / 10:55 am

      betul kamu Zen…

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s