Review Majelis : Ziarah Makam Syech Subakir, Diiringi Banjir Pembuka Tahun 2012

Mengawali tahun masehi 2012, Majelis Fathul Hidayah melakukan perjalanan rohani ke makam sang penakluk Pulau Jawa, Syech Subakir di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah (1 Januari 2012) kemarin. Meskipun bukan ziarah akbar dan umum karena hanya diikuti oleh Pengurus Pusat Majelis Fathul Hidayah, namun antusiasme begitu besar tampak pada wajah-wajah pemuda-pemuda pejuang ahlussunnah wal jamaah ini. Pukul 08.00 wib, dua mobil rombongan berangkat dari Muhsolla Fathul Hidayah di Jengglong, Waru, Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah. Jalur yang dilalui pagi yang cerah adalah Sragen, Boyolali, Salatiga dan Magelang. Tiba di lereng gunung Tidar tepat pukul 12.00 wib. Rombongan yang dipimpin Pengasuh sekaligus pemimpin umum Yayasan Pendidikan Agama Islam Fathul Hidayah (organisasi yang membawahi Majelis Fathul Hidayah) mulai mendaki jalan setapak dan akhirnya sampai di makam Syech Subakir pada pukul 12.30 wib.

Keadaan makam masih cukup sepi karena belum begitu banyak diketahui masyarakat. Namun, suasana sejuk yang mengiringi rombongan tidak membuat rasa engah-engah begitu terasa. Kegembiraan mencapai makam diluapkan dengan pengambilan foto dan gambar. Ini adalah pengalaman pertama ziarah ke makam Syech Subakir yang menurut beberapa cerita, beliau hidup jauh sebelum kemunculan walisongo, bahkan walisongo generasi Maulana Malik Ibrahin, Maulana Ishaq, Maulana Magribi dan Syech Jumadil Kubro. Saking mesteriusnya Syech Subakir, beliau yang berasal dari Persia pernah disebut meninggal di negaranya pada abad ke 14. Wallahu a’lam bisshowwab.

Gunung Tidar yang konon adalah pakunya tanah Jawa terletak tepat di titik koordinat tengah-tengah Pulau Jawa. Ada sejarah yang menyelimuti Gunung Tidar dan Syech Subakir dimakamkan di sana. Gunung Tidar berada di tengah kota Magelang sehingga gunung setinggi 300an mdpl ini menjadi ikon kota Magelang berikut gambar paku sebagai lambang bahwa Gunung Tidar adalah paku Tanah Jawa. Rombongan melanjutkan perjalanan ke atas, dan menemukan makam Kyai Sepanjang dan makam Semar di puncak Gunung Tidar.

Rombongan kembali ke bawah pada pukul 14.00 wib. Rencana sowan ke makam Mbah Mangli belum kesampaian karena hujan deras melanda wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta pada tanggal 1 Januari 2012 yang menyebabkan sebagian Jogja, Klaten dan Solo tergenang banjir. Seperti diperkirakan sebelumnya, rombongan akhirnya terjebak macet parah terjadi pada jalur balik melalui Muntilan, Sleman, Klaten, Solo. Jalur Solo-Surabaya yang macet total dari pukul 19.00 hingga pukul 23.00 wib membuat rombongan yang pada perkiraan awal sampai di rumah pukul 20.00 wib molor hingga pukul 23.30 wib.  (Redaksi)

One thought on “Review Majelis : Ziarah Makam Syech Subakir, Diiringi Banjir Pembuka Tahun 2012

  1. azzkuat van houtten Januari 3, 2012 / 2:52 pm

    assalamu’alaikum
    ☺ ☺
    wah sungguh indahnya kebersamaan dalam islam, kang admin ada sedikit kesalahan dalam menulis kata “mushola” di atas semoga di perbaiki , selalu tingkatkan sholawatan dan ypai majelis fathul hidayah semoga bermanfaat bagi intern maupun ekstern
    jangan lupa berkunjung di http://www.kuatza.blogspot.com saya tunggu silaturahminya hehhehe ☺ ☺
    wassalamu’alaikum

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s