Isa Itu Muslim

www.majalah-alkisah.comYesus Kristus adalah seorang muslim. Itulah pernyataan Robert F. Shedinger, profesor agama di Luther College, Iowa, Amerika Serikat, yang adalah seorang Kristen, dalam bukunya berjudul Was Jesus a Muslim? (Apakah Yesus seorang Muslim?).

Pernyataan ini menjadi kontroversial karena, dalam agama Kristen, Yesus adalah Tuhan Putra (Trinitas: Bapa, Putra, dan Roh Kudus).

Shedinger, yang menjabat kepala Departemen Studi Agama Luther College, berpendapat, Islam lebih cocok bagi Yesus Kristus, yang dalam agama Islam disebut “Nabi Isa AS”. –

Membahas ihwal muslim berarti membahas perihal Islam.

Islam mengandung dua pengertian. Yaitu pengertian khusus dan pengertian umum.

Dalam pengertian khusus, Islam adalah din (agama) yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah, dilengkapi dengah hasil ijtihad ulama, yang mengandung perintah-perintah, larangan-larangan, serta petunjuk-petunjuk untuk kebahagian dan kesejahteraan manusia, di dunia dan di akhirat. “Dari Abdillah bin Umar RA, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Islam itu didirikan atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak disembah dengan benar selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, menunaikan ibadah haji, berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim).
Sedang dalam pengertian umum, Islam ialah agama yang disyari’atkan oleh Allah dengan perantaraan para nabi dan rasul-Nya, yang mengandung perintah-perintah, larangan-larangan, serta petunjuk-petunjuk untuk kebahagian dan kesejahteraan manusia, di dunia dan di akhirat.

Kata Islam berasal dari bahasa Arab, yaitu salima, yang berarti “selamat sentosa”. Dari kata salima, dibentuk kata aslama, yang artinya “berserah diri, tunduk, patuh, dan taat”. Kata aslama inilah yang menjadi pokok kata Islam: aslama-yuslimu-islamanwww.majalah-alkisah.com

Nah, orang yang melakukan aslama dinamakan muslim. Jadi, mulsim adalah orang yang telah menyatakan dirinya berserah diri, taat, tunduk, dan patuh secara mutlak kepada Allah SWT. Atau, sebaliknya, sebagai konsekuensi sebuah definisi, orang yang telah menyatakan dirinya berserah diri, taat, tunduk, dan patuh secara mutlak kepada Allah SWT, adalah muslim.

Dalam Islam, Nabi Isa AS adalah muslim, karena ia orang yang berserah diri, taat, tunduk, dan patuh secara mutlak kepada Allah SWT. Tak sekadar muslim biasa, ia adalah nabi dan rasul Allah. “Berkata Isa, ‘Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al-Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup, dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka’.” (QS Maryam: 30-32). “Dan tatkala Isa datang membawa keterangan, ia berkata, ‘Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat (kenabian, Injil, dan hukum) dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertaqwalah kepada Allah dan taatlah (kepada)-ku. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu, maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus.’ Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zhalim, yakni siksaan hari yang pedih (Kiamat).” (QS Az-Zukhruf: 63-65).

Semoga Allah SWT memberikan hidayah kepada mereka yang pandangannya masih tertutup kabut kekeliruan. Semoga Allah SWT secara khusus memberikan hidayah kepada Profesor Robert F. Shedinger. Amin.

http://majalah-alkisah.com/

 

 

 

2 thoughts on “Isa Itu Muslim

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s