Alamat “www.fathulhidayah.co.cc” Down dan Tidak Bisa Digunakan

Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa web Majelis Fathul Hidayah yang terpublikasikan secara umum adalah http://www.fathulhidayah.co.cc . Hal ini juga tertulis secara permanen di jaket-jaket almamater Majelis Fathul Hidayah. Sehingga mengakibatkan pengunjung dapat langsung menuliskan alamat majelis langsung dengan alamat tersebut. Namun, sejak dua bulan terakhir, domain .co.cc down alias tidak aktif atau tidak dapat diakses lagi. Sehingga bagi para pengunjung web Majelis Fathul Hidayah, dapat mengganti alamat aslinya ke https://majelisfathulhidayah.wordpress.com. Kami dari Divisi Media memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini. Kami akan berusaha memperbaikinya atau mungkin meng-updgrade alamat domain web majelis menjadi lebih baik dan lebih mudah dikenal.

Mengenai informasi ketidak-aktifan domain .co.cc, berikut ini kami sampaikan artikel yang ditulis oleh Kang Ismet melalui blognya.

Domain .CO.CC down alias Tidak Aktif. Siapa yang tidak tau .Co.Cc? Hampir semua blogger tau .CO.CC, yang merupakan penyedia domain gratis yang paling populer. Sebetulnya, ketika menggunakan .CO.CC bukan mendapat domain gratis, tetapi subdomain dari .CO.CC. Terlepas dari semua itu, sebagian orang menganggapnya sebagai domain.


Beberapa hari ini domain .CO.CC tidak bisa diakses, yang sangat disayangkan hal ini tanpa pemberitahuan kepada costumer. Tentunya berdampak kepada semua blogger yang menggunakan domain .CO.CC semuanya down dan tidak dapat di akses.
Beberapa saat sebelum .Co.Cc ini down, ada peringatan bahwa .Co.Cc tidak menerima pendaftaran baru. Seperti screenshoot di bawah ini :

.co.cc down

Banyak asumsi tentang down-nya .CO.CC ini, ada yang menyatakan ditutup oleh registrar, ada yang mengatakan expired, tapi yang jelas .CO.CC ini memang bermasalah. Banyak pengguna yang menyalah gunakan domain ini sebagai situs spam, pishing, dll. Hal itu terbukti ketika bulan Juli 2011 Google menghapus hampir 11 juta situs .CO.CC dari SERP (hasil pencarian).

Ketika saya cek di whois.com, ada kemungkinan awalnya domain telah expire dan status Client-Hold. Yang jelas, situs ini down karena tidak ditemukannya Name Server. Silahkan lihat hasil Whois Domain :

whois domain .co.cc

Apakah Anda pengguna .CO.CC? Apakah merasakan akibatnya? Saran saya bagi rekan-rekan, apabila kita memang serius dengan dunia blogging, lebih baik gunakan TLD (Top Level Domain). Apabila menginginkan domain gratis, lebih baik memilih Blogspot atau WordPress.

Apakah ini sementara? atau selamanya? kita tunggu saja…

Informasi dari : blog.kangismet.net

3 thoughts on “Alamat “www.fathulhidayah.co.cc” Down dan Tidak Bisa Digunakan

  1. darulmubtadiien Januari 6, 2013 / 7:12 pm

    Assalamu’ailaikum..
    info bermanfaat…
    admin yang cerdas… siip mari bersholawat…

    NB: Minta tips-nya agar weblog makin rame🙂

  2. firman Desember 30, 2012 / 2:46 pm

    hehe.. domain gratis kok ditempel di jaket. kalo mau serius harusnya beli domain saja. lha murah kok gak ada seratus ribu. majelis kan pasti ada kas-nya. masa duit segitu gak ada.
    kalau gak mampu beli nanti ane yg belikan. serius!🙂

    • Majelis Fathul Hidayah Desember 30, 2012 / 4:57 pm

      Terimakasih Pak. Tapi, serius gak harus beli. Dan gratis bukan berarti tidak berharga. Pemakaian domain gratis wordpress dan co.cc berhubungan dengan sejarah panjang berdirinya majelis ini. Mulai dari hanya dikunjungi 1-10 tamu per hari, kini mencapai 500-1000 bahkan pada hari-hari tertentu mencapai 3000 visitor per hari.
      Hal itulah yang membuat kami tidak berniat mengubah maskot kami saat pertama web dibuat sekitar tahun 2006. Dan pembuatan jaket periode I adalah tahun 2008 adalah pertama kali alamat web ditempel di jaket.
      Terimaksih atas perhatiannya. Salam ukhuwah.🙂

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s