PBNU: Setelah Pilpres, Ulama yang Terpecah Semoga Bersatu Lagi

Muslimedianews.com, Jakarta ~ Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan, dalam Pemilihan Presiden 2014 ini banyak ulama yang terpecah-belah dan meninggalkan persaudaraan sesama umat Islam karena mendukung salah satu pasangan capres-cawapres.

“Ya dalam Pilpres ini kan banyak memang ulama yang terpecah. Tapi setelah ini semoga semuanya menjadi bersatu kembali,” kata Khatib PBNU Malik Madani di Markas PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Ia mengatakan, dukungan terhadap para capres-cawapres merupakan hal biasa dan tidak ada larangan. Karena itu adalah hal pribadi dan hak manusia. Namun asal jangan sampai mengeluarkan fatwa dukungan.

“Memilih dalam Pilpres itu kan nggak apa-apa. Itu kan hak pribadi. Asal ulama jangan mendukung capres mengeluarkan fatwa,” tandas Malik.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan, Pilpres bukanlah sebuah hasil akhir yang akan memberikan perpecahan terhadap persatuan bangsa. Karena setiap pasangan harus bisa menjaga diri agar tak berujung perang saudara.

“Persaingan politik yang demokratis tidak seharusnya mengakibatkan pertikaian, akan tetapi harus berujung kemaslahatan. Karena seruncing apapun perbedaan, tak boleh mengalahkan persaudaraan antar-sesama,” kata Said Aqil.  (indonesia-baru.liputan6.com)

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s